DEDI , SUWITO (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExCluSiVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1869Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1692Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran ExCluSiVE yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Research and Development (R&D) Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 5 Metro Timur sebanyak 36 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penelaahan data dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan untuk data ahli, kepraktisan produk, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji ahli dengan kriteria sangat layak. Uji kepraktisan dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan uji kepraktisan dengan menggunakan N-Gain menunjukkan kriteria efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD berbasis model pembelajaran ExCluSiVE untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur pada materi bangun datar layak, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), model pembelajaran ExCluSiVE, Kemampuan Berpikir Kreatif This study aims to develop LKPD based on the ExCluSiVE learning model which is feasible, practical and effective to improve creative thinking skills in mathematics subjects in grade IV elementary schools. The type of research and development used refers to Borg and Gall's Research and Development (R&D) theory. The population in this study were students of class IV UPTD SD Negeri 5 Metro Timur as many as 36 students. The samples in this study were class IVA as the experimental class and class IVB as the control class. Data collection techniques in this study were observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used qualitative descriptive analysis with data review and quantitative descriptive analysis using for expert data, product practicality, validity, reliability, question difficulty level, and N-gain. The results showed the average expert test with very feasible criteria. Practicality test with very practical criteria. While the practicality test using N-Gain shows effective criteria. The results of the study can be concluded that LKPD based on the ExCluSiVE learning model to improve creative thinking skills in mathematics learning in class IV SD Negeri 5 Metro Timur on flat building material is feasible, practical and effective. Keywords: Learner Worksheet (LKPD), ExCluSiVE learning model, Creative Thinking
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 2308455943 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:45 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2024 07:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78197 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |