EFEKTIVITAS KEBIJAKAN KARTU PRAKERJA PERIODE TAHUN 2021 (Studi Pada Pencari Kerja, Pekerja Dan Pekerja Yang Terkena PHK Di Kota Bandar Lampung)

Rydho Febri, Ramadhan (2024) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN KARTU PRAKERJA PERIODE TAHUN 2021 (Studi Pada Pencari Kerja, Pekerja Dan Pekerja Yang Terkena PHK Di Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS Tanpa Pembahasan.pdf

Download (942Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2560Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Studi dilatarbelakangi dari masalah mendasar yang dihadapi di Indnesia yaitu pengangguran. Sebagai akibat dari kurangnya pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan sehingga tenaga kerja yang ada tidak terserap secara penuh yang mengakibatkan jumlah pengangguran meningkat. Masalah pengangguran dan ketenagakerjaan tersebut juga diperparah dengan hadirnya Covid-19 yang melanda Indonesia. Mewujudkan perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas dan daya saing bagi angkatan kerja maka, diperlukan memberikan pengembangan kompetensi kerja yang diwujudkan dalam program pemerintahan. Salah satu program yang dikeluarkan pemerintah melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja dalam rangka perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas, dan daya saing bagi angkatan kerja. Studi merumuskan permasalahan mengenai efektivitas Kartu Prakerja periode tahun 2021 pada pencari kerja, pekerja dan pekerja yang terdampak PHK di Kota Bandar Lampung dalam perumusan kebijakan publik. Tujuan penelitian mengetahui efektivitas kebijakan Kartu Prakerja periode tahun 2021 pada pencari kerja, pekerja, dan pekerja yang terdampak PHK di Kota Bandar Lampung. menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan kebijakan program Prakerja untuk mendapatkan dan terdaftar program pra kerja belum bisa dikatakan baik dan sempurna. Selain hal tersebut program kartu Prakerja belum dapat dikatakan belum efektif, terlepas dari besarnya anggaran yang telah disediakan pemerintah, pencapaian tujuan program yang belum maksimal dan ketetapan sasaran proram yang belum tepat serta terdapat beberapa aspek yang menjadi catatan dalam pelaksanaan program kartu Prakerja adalah Peserta tidak diarahkan ke industri unggulan, program Prakerja juga secara signifikan tidak memberikan informasi kepada peserta mengenai keahlian apa yang dibutuhkan oleh industri potensial. Namun, walau demikian program kertu prakerja masih tetap berjalan hingga tahun 2023 dan akan terus berlanjut sampai tahun 2024. Hal tersebut mengingat pada dasarnya Kartu Prakerja tercantum dalam Perpes, selama peraturan tersebut belum dicabut, maka program tersebut masih akan berlaku.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Pengguna Deposit: 2308597787 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2024 00:49
Terakhir diubah: 24 Jan 2024 00:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir