KAJIAN DAYA DUKUNG AIR HUJAN DAN PEMANFAATAN UNTUK PEMENUHAN AIR BERSIH DENGAN METODE RAIN WATER HARVESTING (RWH) DI PULAU PASARAN PROVINSI LAMPUNG

Rokhmad, Adi Setyawan (2024) KAJIAN DAYA DUKUNG AIR HUJAN DAN PEMANFAATAN UNTUK PEMENUHAN AIR BERSIH DENGAN METODE RAIN WATER HARVESTING (RWH) DI PULAU PASARAN PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.2. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tesis Adi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3818Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis without Bab 4.pdf

Download (2871Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pulau Pasaran merupakan kawasan minapolitan (KPU-BD-BL-57,KPU-BD-BL-58), minapolitan adalah konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis manajemen ekonomi kawasan dengan motor penggerak sektor kelautan dan perikanan dalam rangka peningkatan pendapatan rakyat. Minimnya ketersediaan air tanah di Pulau Pasaran menyebabkan ketersediaan sumber air bersih terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat pulau pasaran membeli air bersih dari luar pulau. Rain Water Harvesting (RWH) merupakan system pemanenan air hujan yang dapat menjadi bagian dari alternatif pemecahan dalam menyediakan sumber air. Penelitian ini membantu masyarakat pulau pasaran dalam menyediakan sumber air bersih dengan system pemanenan air hujan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis neraca air bersih di Pulau Pasaran, menganalisis potensi air hujan pada saat tahun kering, normal dan tahun basah di Pulau Pasaran sebagai alternatif sumber air bersih. Hasil analisis neraca air bersih di pulau pasaran menunjukkan bahwa dengan digunakannya RWH pada seluruh luas atap di Pulau Pasaran dapat mensubtitusi kebutuhan air bersih sebesar 167.760 l/hari setara 93,90% kebutuhan air bersih di Pulau Pasaran. Potensi rata-rata air hujan pada tahun kering, tahun normal dan tahun basah sebesar 115.200 l/hari setara dengan 64,50% kebutuhan air bersih di Pulau Pasaran serta dapat menghemat pengeluaran belanja air bersih di Pulau Pasaran sebesar Rp. 286.904.817,- pada tahun 2023. Kata Kunci: potensi air hujan, Rain Water Harvesting (RWH), alternatif, subtitusi.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Pascasarjana
Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Pascasarjana
Pengguna Deposit: 2308962049 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:12
Terakhir diubah: 24 Jan 2024 01:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir