PENINGKATAN KOMITMEN ORGANISASI MELALUI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Diah Ayu, Sucitra (2024) PENINGKATAN KOMITMEN ORGANISASI MELALUI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1565Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1206Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi guru Sekolah Dasar se- Kabupaten Pringsewu secara parsial. Selain itu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto, dengan mengambil sampel 319 guru Sekolah Dasar se- Kabupaten Pringsewu. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi guru secara parsial. Sedangkan Pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja tidak sebesar pengaruh langsung kedua variabel tersebut. Kata Kunci: kepemimpinan instruksional, budaya organisasi, kepuasan kerja, komitmen organisasi The purpose of this study was to examine the effect of principals' instructional leadership, organizational culture and job satisfaction on organizational commitment of elementary school teachers in Pringsewu Regency partially. In addition, to determine the effect of principals' instructional leadership, organizational culture on organizational commitment through job satisfaction. This research uses a quantitative approach with the type of ex post facto, by taking a sample of 319 elementary school teachers in Pringsewu Regency. Data collection was done by distributing questionnaires. Data analysis using path analysis. The results showed that the direct effect of principals' instructional leadership, organizational culture and job satisfaction had a positive effect on teachers' organizational commitment partially. The indirect effect of instructional leadership and organizational culture on organizational commitment through job satisfaction is not as great as the direct effect of the two variables. Keywords: instructional leadership, organizational culture, job satisfaction, organizational commitment

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308934952 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:45
Terakhir diubah: 25 Jan 2024 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78281

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir