Apri, Wahyuni (2024) KONTRIBUSI FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN PESAWARAN LAMPUNG. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
File PDF
ABSTRAK.pdf Restricted to Hanya staf Download (181Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL (2).pdf Download (1594Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (1246Kb) | Minta salinan |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara simultan kepemimpinan visioner kepala sekolah, komitmen organisasi dan kepuasan kerja guru terhadap kompetensi professional. Pengaruh kepempinan visioner kepala sekolah, komitmen organisasi dan kepuasan kerja guru secara simultan terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto, dengan populasi sebesar 225. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kabupaten Pesawaran. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel sebesar 144 guru. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat regresi yaitu uji normalitas, heterokedastisitas, multikolinieritas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif secara parsial kepemimpinan visioner kepala sekolah, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja guru terhadap kompetensi profesional guru, (2) Terdapat pengaruh positif secara simultan kepemimpinan visioner kepala sekolah, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja guru terhadap kompetensi profesional. Kata Kunci: kepemimpinan visioner, komitmen organisasi, kepuasan kerja guru, kompetensi profesional. The purpose of this study was to analyze and determine the simultaneous influence of the principal's visionary leadership, organizational commitment and teacher job satisfaction on professional competence. The effect of the principal's visionary leadership, organizational commitment and teacher job satisfaction simultaneously on teacher professional competence. This study uses a quantitative approach of ex post facto type, with a population of 225. The population in this study were public junior high school teachers in Pesawaran Regency. Sample selection using cluster random sampling with a sample of 144 teachers. And a questionnaire was used collect data. Data analysis used simple regression analysis and multiple regression analysis, which had previously carried out regression prerequisite tests, namely normality, heteroscedasticity, multicollinearity and linearity tests. The results showed that (1) there is a partial positive effect of principals' visionary leadership, organizational commitment, and teacher job satisfaction on teachers' professional competence, (2) there is a simultaneous positive effect of principals' visionary leadership, organizational commitment, and teacher job satisfaction on professional competence. Keywords: visionary leadership, organizational commitment, teacher job satisfaction, profesional competence
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2308847731 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:31 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2024 03:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78295 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |