HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU, PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN ZAT BESI, DAN SUPLEMENTASI GIZI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Farraz Kanya, Syahra (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU, PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN ZAT BESI, DAN SUPLEMENTASI GIZI DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRACK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Di provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung memiliki prevalensi anemia ibu hamil yang tinggi, mencapai 10,07% atau sekitar 1.975 orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara karakteristik ibu, pengetahuan gizi, asupan zat besi, dan suplementasi gizi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Kota Bandar Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Data sekunder untuk melihat kadar hemoglobin dan data primer berupa kuesioner lembar identitas, pengetahuan gizi, SQFFQ, serta sikap dan konsumsi tablet tambah darah (TTD) pada ibu hamil di Kota Bandar Lampung. Sampel sebanyak 97 ibu dipilih secara proporsional acak, lalu dianalisis menggunakan Chi Square dengan a=0,05. Hasil: Prevalensi anemia ibu hamil di Kota Bandar Lampung sebesar 51,5%. Terdapat hubungan antara pendidikan, pendapatan keluarga, pengetahuan gizi, asupan zat besi, sikap, dan kepatuhan konsumsi TTD dengan kejadian anemia (p = 0,001). Namun, tidak ada hubungan yang signifikan antara usia ibu dengan kejadian anemia (p = 0,615).Simpulan: Terdapat hubungan antara pendidikan, pendapatan keluarga, pengetahuan gizi, asupan zat besi, sikap konsumsi TTD, dan kepatuhan konsumsi TTD dengan kejadian anemia di Kota Bandar Lampung. Namun, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia ibu dengan kejadian anemia ibu hamil di Kota Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308370911 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:23
Terakhir diubah: 31 Jan 2024 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78416

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir