PERBANDINGAN MODEL SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

RIFKI , MUHAIMIN SYAHPUTRA (2024) PERBANDINGAN MODEL SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1091Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (809Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Socio Scientific Issues (SSI) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan (quasi experiment) dengan desain posttest (nonequivalent groups design). Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yang terpilih kelas X MIPA 7 sebanyak 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIPA 5 sebanyak 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen II. Data kemampuan berpikir kritis dari posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SSI (85±8.357) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan menggunakan PBL (80±11.613) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan (Sig. 0.041 < 0.05). Model SSI memberikan pengaruh lebih tinggi pada aspek berpikir kritis menjelaskan secara sederhana, membangun keterampilan dasar dan menjelaskan lebih lanjut, sedangkan pada model PBL berpengaruh lebih tinggi pada aspek penarikan kesimpulan dan mengatur taktik strategi. Kata Kunci: Socio Scientific Issues, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308994545 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:14
Terakhir diubah: 02 Feb 2024 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir