RANCANG BANGUN DASHBOARD VISUALISASI DATA KUALITAS UDARA SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK KEBIJAKAN LINGKUNGAN DALAM ORGANISASI (STUDI KASUS: UPT TIK UNIVERSITAS LAMPUNG)

Muhammad Fajar, Laksana (2024) RANCANG BANGUN DASHBOARD VISUALISASI DATA KUALITAS UDARA SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK KEBIJAKAN LINGKUNGAN DALAM ORGANISASI (STUDI KASUS: UPT TIK UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3738Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia mengalami masalah polusi udara yang serius, tercatat sekitar 123.000 kematian setiap tahun dan sebagai negara dengan tingkat polusi PM2.5 terburuk di ASEAN pada 2022, dengan konsentrasi sebesar 30.4 µg/m³. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang terpengaruh, dengan mencatat 1.824 kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) selama periode Januari hingga Juli 2023. Hal ini menjadi bukti langsung dari dampak negatif emisi kendaraan, operasi pembangkit listrik tenaga batu bara, pembakaran bahan bakar fosil, dan kebakaran hutan serta lahan gambut. Dalam menghadapi tantangan polusi udara, penelitian ini mengembangkan dashboard kualitas udara untuk Student Corner UPT TIK Universitas Lampung. Tujuan pengembangan dashboard ini untuk mendukung UPT TIK Universitas Lampung dalam merumuskan kebijakan lingkungan yang efektif di area Student Corner, yang secara langsung berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan mahasiswa. Dashboard yang dikembangkan dalam penelitian ini, menggunakan Microsoft Power BI dan metode PureShare, menampilkan data kualitas udara secara semi-real-time serta menyimpan data historis. Dalam konteks semi-real-time, dashboard melakukan refresh data secara terjadwal pada delapan waktu dalam sehari. Hal ini dikarenakan keterbatasan frekuensi pembaruan data yang ditawarkan oleh layanan Microsoft Power BI. Dalam hal pengujian fungsionalitas dengan Blackbox Testing pada dua iterasi berbeda menunjukkan efektivitasnya dengan capaian 100% keberhasilan. Evaluasi dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam kegunaan, dengan skor meningkat dari iterasi pertama dengan nilai 70 menjadi 80 pada iterasi kedua. Hal tersebut membuktikan peningkatan kenyamanan dan penerimaan pengguna terhadap dashboard ini setelah dilakukan perbaikan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2308327457 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:40
Terakhir diubah: 02 Feb 2024 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir