PANJI , MARANDHIKA (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2524Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1016Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD model inkuiri terbimbing berbasis everyday life phenomena berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia serta mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, dan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Gall, Gall and Borg. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap kelima dari sepuluh tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner guru dan peserta didik, angket validator, angket tanggapan guru dan tanggapan peserta didik. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas XI dan guru kimia dari tiga sekolah di kabupaten, serta tiga dosen validasi ahli. Karakteristik e-LKPD ini, yaitu berisi berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari, disertai gambar, video percobaan, animasi submikroskopis, dan kolom identifikasi yang dapat diisi. Kevalidan e-LKPD ini didasarkan pada hasil validasi terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, kemenarikan dan kemudahan penggunaan. Hasil validasi terhadap ketiga aspek menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan mendapatkan hasil sebesar 88,56%, 83,93% dan 84,79%. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan menunjukkan bahwa e-LKPD ini menarik dan mudah untuk digunakan. Dengan demikian, e-LKPD model inkuiri terbimbing berbasis everyday life phenomena berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : e-LKPD, Everyday Life Phenomena, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308745929 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:18 |
Terakhir diubah: | 05 Feb 2024 02:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78552 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |