PENGEMBANGAN E-LKPD MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

PANJI , MARANDHIKA (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2524Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1016Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD model inkuiri terbimbing berbasis everyday life phenomena berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia serta mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, dan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Gall, Gall and Borg. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap kelima dari sepuluh tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner guru dan peserta didik, angket validator, angket tanggapan guru dan tanggapan peserta didik. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas XI dan guru kimia dari tiga sekolah di kabupaten, serta tiga dosen validasi ahli. Karakteristik e-LKPD ini, yaitu berisi berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari, disertai gambar, video percobaan, animasi submikroskopis, dan kolom identifikasi yang dapat diisi. Kevalidan e-LKPD ini didasarkan pada hasil validasi terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, kemenarikan dan kemudahan penggunaan. Hasil validasi terhadap ketiga aspek menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan mendapatkan hasil sebesar 88,56%, 83,93% dan 84,79%. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan menunjukkan bahwa e-LKPD ini menarik dan mudah untuk digunakan. Dengan demikian, e-LKPD model inkuiri terbimbing berbasis everyday life phenomena berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : e-LKPD, Everyday Life Phenomena, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308745929 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:18
Terakhir diubah: 05 Feb 2024 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78552

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir