HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PERILAKU PENCEGAHAN, DETERMINAN SOSIAL KESEHATAN, DAN KEJADIAN HELMINTHIASIS TERHADAP STATUS GIZI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Devina, Hardianto (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PERILAKU PENCEGAHAN, DETERMINAN SOSIAL KESEHATAN, DAN KEJADIAN HELMINTHIASIS TERHADAP STATUS GIZI IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEDOKTERAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Devina Hardianto.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Devina Hardianto.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_Devina Hardianto.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang : Nutrisi selama kehamilan dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Gizi yang tidak cukup memiliki risiko untuk menyebabkan KEK. Angka KEK pada ibu hamil di Indonesia adalah 17,3% dan pada Provinsi Lampung adalah 13,6%. Status gizi dipengaruhi oleh asupan gizi dan infeksi helminthiasis. Selain itu terdapat faktor lain berupa determinan sosial kesehatan yaitu ekonomi, pendidikan, pekerjaan, dan usia. Metode : Penelitian ini menggunakan metode survei analitik. Sampel penelitian sebesar 86 ibu hamil. Pengambilan data dilaksanakan dengan kuesioner, pengukuran LiLA dan IMT, serta pemeriksaan feses dengan metode formol ether sedimentation. Analisis bivariat menggunakan chi square atau fisher dan mann whitney. Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan ada hubungan bermakna antara helminthiasis (p = 0.009/ 0.023), pendidikan (p = 0.023 / 0.048), dan penghasilan perkapita (p = 0.001) dengan status gizi ibu hamil. Sedangkan pada variabel lainnya (pengetahuan tentang helminthiasis, perilaku pencegahan, usia, dan pekerjaan) tidak ada hubungan bermakna (p > 0.05). Simpulan: Terdapat hubungan antara helminthiasis, pendidikan, dan penghasilan dengan gizi ibu hamil. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan, perilaku pencegahan, usia, dan pekerjaan terhadap gizi ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308595221 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:35
Terakhir diubah: 05 Feb 2024 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir