KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 5 PRINGSEWU PADA MATERI KERAGAMAN ALAM DAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA

ANISA MEGAWANGI , PUTRI AJI (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 5 PRINGSEWU PADA MATERI KERAGAMAN ALAM DAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir spasial, ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan berdasarkan kelas mengenai tingkat kemampuan berpikir spasial, dan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan berdasarkan gender mengenai tingkat kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 5 Pringsewu pada materi keragaman alam dan sumber daya alam Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 159 peserta didik dan 114 peserta didik sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan STAT. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 5 Pringsewu sebagian besar berkategori sedang dengan persentase 60,53%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa X2hitung = 9,486 < X2tabel = 15,507, maka H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan kelas mengenai tingkat kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 5 Pringsewu. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa X2hitung = 7,397 > X2tabel = 5,991, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan gender mengenai tingkat kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 5 Pringsewu. Kata kunci: kemampuan berpikir spasial, keragaman alam, sumber daya alam. abstract This research aims to analyze the level of spatial thinking ability, whether or not there are significant differences based on class regarding the level of spatial thinking ability, and whether or not there are significant differences based on gender regarding the level of spatial thinking ability of class VIII students at UPT SMP Negeri 5 Pringsewu on the material Indonesia's natural diversity and natural resources. The method used in this research is a comparative method with a quantitative approach. The population in this study was 159 students and 114 students as research samples were taken using a proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques use observation, documentation, and STAT. Data analysis used descriptive analysis and chi-square. The research results show that the level of spatial thinking ability of class VIII students at UPT SMP Negeri 5 Pringsewu is mostly in the medium category with a percentage of 60.53%. The research results also show that X2count= 9,486 < X2table = 15,507, H0 is accepted and H1 is rejected, meaning that there are no significant differences based on class regarding the level of spatial thinking ability of class VIII students at UPT SMP Negeri 5 Pringsewu. Apart from that, the research results show that X2count = 7,397 > X2table = 5,991, H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there are significant differences based on gender regarding the level of spatial thinking ability of class VIII students at UPT SMP Negeri 5 Pringsewu. Key words: spatial thinking ability, natural diversity, natural resources.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2308838736 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:04
Terakhir diubah: 06 Feb 2024 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir