UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 96% DAN METANOL KULIT BATANG BAKAU LINDUR (Bruguiera gymnorrhiza) TERHADAP Eschericia Coli

MUHAMAD , ZAIDAN ALGIFARI (2024) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 96% DAN METANOL KULIT BATANG BAKAU LINDUR (Bruguiera gymnorrhiza) TERHADAP Eschericia Coli. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Penyakit diare adalah masalah kesehatan dan penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada bayi dan anak yang paling banyak ditemukan adalah Eschericia Coli. Antibiotik merupakan salah satu pengobatan diare infeksius. Pemberiaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan resistensi antibiotik sehingga perlu mencari pengobatan alternatif berupa bahan alami. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek antibakteri ekstrak etanol 96% dan metanol kulit batang Bruguiera gymnorrhiza terhadap Eschericia Coli. Metode: Penelitian eksperimental laboratorik menggunakan Eschericia Coli sebagai bakteri uji, ekstrak etanol 96% dan metanol kulit batang Bruguiera gymnorrhiza dengan 5 kelompok yaitu 1,56%, 3,12%, 6,25%, 12,5% dan 25% dengan ciprofloxacin dan aquadest sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan melihat efek antibakteri yang dihasilkan oleh Bruguiera gymnorrhiza terhadap Eschericia Coli yang dilihat pada pengukuran zona hambat yang terbentuk. Hasil: Analisis data ekstrak metanol kulit batang Bruguiera gymnorrhiza menggunakan uji One-Way ANOVA menunjukan nilai p<0,05 dan analisis data ekstrak etanol 96% kulit batang Bruguiera gymnorrhiza menggunakan uji Kruskal-Wallis menunjukan nilai p<0,05. Pada uji Post Hoc didapatkan nilai p<0,05 antara kelompok K(+), P4 dan P5 sehingga menunjukan perbedaan yang bermakna. Pada uji Man-Whitney didapatkan nilai p<0,05 antara kelompok K(+), K(-) dan P5 sehingga menunjukan perbedaan yang bermakna. Kesimpulan: Terdapat efek antibakteri ekstrak etanol 96% dan metanol kulit batang Bruguiera gymnorrhiza terhadap bakteri Escericia coli.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308362630 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:19
Terakhir diubah: 07 Feb 2024 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir