UNJUK KINERJA MESIN PEMANEN PADI (Combine Harvester) YANMAR AW70V DI LAHAN SAWAH KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Dedi , Hermawan (2024) UNJUK KINERJA MESIN PEMANEN PADI (Combine Harvester) YANMAR AW70V DI LAHAN SAWAH KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3204Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3080Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki ketersediaan alat pemanen padi dengan beragam jenis. Diperlukan alat yang efektif dan efisien di lahan persawahan Indonesia salah satunya mesin pemanen padi combine harvester. Mesin pemanen padi combine harvester merek Yanmar AW70V adalah mesin pertanian yang berfungsi untuk memanen padi melalui tahapan mengait, mengarahkan, memotong, membawa hasil potongan, merontok, dan membersihkan gabah yang dilakukan secara terpadu dalam satu kali proses. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisa unjuk kerja alat pemanen padi Yanmar AW70V, mempelajari dan menganalisis efektifitas dan efisiensi pemanen padi combine harvester Yanmar AW70V, serta menganalisis kehilangan hasil panen menggunakan mesin pemanen padi combine harvester Yanmar AW70V, sehingga bermanfaat bagi mahasiswa/pelajar, petani maupun masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei - Juni 2023 di Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. Data yang diperoleh merupakan data primer dan data sekunder yang kemudian dihitung untuk mengetahui unjuk kinerja combine harvester Yanmar AW70V. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas dan efisiensi combine harvester Yanmar AW70V yakni kecepatan kerja aktual sebesar 1,06 meter/detik atau 3,8 km/jam, kapasitas lapang efektif sebesar 0,39 ha/jam, kapasitas lapang teoritis sebesar 0,8 ha/jam, dan efisiensi lapang sebesar 48 %. Losses atau kehilangan panen pada luasan 1 hektar adalah 282 kg atau 6,9% menunjukkan lebih besar dari persentase pabrikan. Konsumsi bahan bakar saat pemanenan luasan 1 ha lahan sawah dengan kecepatan sedang menghabiskan bahan bakar sebesar 19,8 liter/ha. Kata kunci: Combine harvester Yanmar AW70V, unjuk kinerja, losses.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2308264136 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:06
Terakhir diubah: 07 Feb 2024 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78637

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir