PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERPEN GRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIWA TAHUN AJARAN 2023/2024

ELISA , FITRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERPEN GRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIWA TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (31Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (31Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode cerpen gram terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Liwa Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh metode penggunaan cerpen gram terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Liwa Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen yang meninjau kembali pelajaran dengan cara menggunakan metode cerpen gram sedangkan pada kelas kontrol meninjau kembali pelajaran dengan cara biasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 269 siswa, sampel penelitian diambil 11.89% dari populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian keseluruhan setelah menulis menggunakan cerpen gram siswa kelas XI SMA Negeri 1 Liwa Tahun Ajaran 2023/2024 berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata- rata 94,06, sedangkan hasil menulis cerpen siswa menggunakan pelajaran cerpen biasa berada pada kategori 68,43 maka bisa dikatakan penelitian ini berpengaruh karena hasil eksperimennya termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Pengaruh, penggunaan metode cerpen gram,keterampilan menulis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308525870 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:59
Terakhir diubah: 12 Feb 2024 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir