EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

EVA , ERLANDA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1629Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (792Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Menggala Tahun Ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ngain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,64, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: multipel representasi, flipped learning, keterampilan berpikir kritis This study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based learning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to improve critical thinking skills. The research method used in this research is quasi-experiment with pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 3 Menggala in the academic year 2023/2024 which were spread over six classes, namely classes XI IPA 1 to XI IPA 6. Sampling in this study used purposive sampling technique. The research samples were XI IPA 3 class as the experimental class and XI IPA 6 class as the control class. The results showed that the average n-gain of critical thinking skills of the experimental class was 0.64, significantly higher than in the control class which was 0.29. The results of hypothesis testing showed that there was a significant difference in the average n-gain of critical thinking skills between the experimental and control classes. This shows that learning based on multiple representations with a flipped learning strategy on chemical equilibrium material is effective in improving critical thinking skills. Keywords: multiple representations, flipped learning, critical thinking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 660 Teknik kimia
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308022766 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:52
Terakhir diubah: 12 Feb 2024 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir