PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING MEMBACA LEVEL 1 BERBASIS KEBUDAYAAN INDONESIA

ASTI , WIDAYANI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING MEMBACA LEVEL 1 BERBASIS KEBUDAYAAN INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini yakni masih kurangnya bahan bacaan bagi pemelajar BIPA level 1 yang berada di Lampung dan terintegrasi dengan kebudayaan Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD membaca BIPA level 1 berbasis kebudayaan Lampung serta mengetahui kelayakan dari produk LKPD tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan metode DDD-E (Decide, Design, Development, dan Evaluation) yang mengacu pada pendapat Ivers dan Baron. Langkah-langkah penulisan LKPD ini adalah merumuskan kompetensi dasar, menentukan alat penilaian, menyusun materi, serta memperhatikan struktur LKPD. Guna mengetahui kelayakan produk LKPD, dilakukan evaluasi produk oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Sumber data yang digunakan adalah Buku Teks Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia Level 1. Hasil dari penelitian ini adalah produk LKPD membaca BIPA untuk pemelajar BIPA yang berada di level 1 dengan muatan materi kebudayaan Lampung. Dalam tahap decide, peneliti melakukan perancangan tujuan instruksional, menentukan tema atau ruang lingkup materi, serta menentukan pengetahuan atau keterampilan prasyarat yang digunakan di dalam LKPD. Lalu, tahap design peneliti mulai mendesain tampilan sampul, isi, dan juga materi kebudayaan yang dimuat di dalam LKPD. Selanjutnya, tahap development peneliti melakukan pengembangan produk LKPD dengan langkah-langkah penulisan merumuskan kompetensi dasar, menentukan alat penilaian, menyusun materi, serta memperhatikan struktur LKPD. Pada tahap terakhir, yaitu evaluation dilakukan penilaian kelayakan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. ii Pengembangan produk ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut didasarkan pada tahap evaluasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media pada Senin, 11 Desember 2023. Penilaian kelayakan diperoleh dari hasil evaluasi validasi ahli materi dengan jumlah skor sebesar 112; rata-rata sebesar 3,8; dan persentase kelayakan sebesar 77,2%. Selanjutnya, hasil dari evaluasi validasi ahli media, produk ini memperoleh jumlah skor sebesar 156; rata-rata sebesar 3,9; dan persentase kelayakan sebesar 78%. Jumlah skor diperoleh dari hasil kalkulasi seluruh skor yang diberi oleh validator pada setiap indikator penilaian di instrumen. Nilai rata-rata diperoleh dari pembagian antara akumulasi skor yang didapatkan dengan banyaknya data/indikator pada setiap aspek, baik aspek materi atau media. Kemudian, persentase kelayakan didapatkan dari pembagian antara akumulasi skor yang didapatkan dengan akumulasi skor tertinggi dan dikali dengan 100%, hal tersebut didasarkan pada skala linkert. Kata kunci: bahan ajar, penutur asing, membaca level 1.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308589828 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:16
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 01:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78829

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir