PERKEMBANGAN USAHA SULAM USUS LAMPUNG DI DESA NATAR, KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRY NABILLA SULAM USUS)

NABILA , MAULIDIA (2023) PERKEMBANGAN USAHA SULAM USUS LAMPUNG DI DESA NATAR, KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRY NABILLA SULAM USUS). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1630Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1223Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sulam usus merupakan salah satu dari kerajinan sulaman warisan khas suku Lampung Pepadun (masyarakat yang mendiami dataran tinggi dan pedalaman). Awalnya sulam usus hanya digunakan pada saat upacara adat atau penutup dada (bebe) pada pengantin wanita, namun seiring perkembangan zaman sulam usus mengalami modifikasi menjadi pakaian yang lebih aplikatif. Salah satu usaha sulam usus yang ada di Desa Natar yakni home industry Nabilla sulam usus yang sudah berdiri sejak Tahun 2005. Seiring berjalannya waktu, home industry Nabilla sulam usus mengalami perkembangan usaha. Perkembangan usaha merupakan suatu cara atau proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang. Adapun indikator dalam perkembangan usaha meliputi pemasaran, sumber daya manusia, bidang produksi, dan bidang permodalan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perkembangan usaha sulam usus Lampung pada home industry Nabilla sulam usus di Desa Natar, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan usaha sulam usus Lampung pada home industry Nabilla sulam usus di Desa Natar, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai masalah-masalah manusia dan sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deskriptif karena peneliti berusaha menekankan terkait penggambaran yang lengkap, rinci, dan mendalam serta benar-benar menjelaskan situasi yang sebenarnya terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada indikator pemasaran terjadi perkembangan proses pemasaran yang dahulunya offline kemudian menjadi online, (2) pada indikator sumber daya manusia terjadi perkembangan yang dahulunya pengrajin belum diberikan pelatihan kemudian diadakan pelatihan, (3) pada indikator produksi terjadi perkembangan jenis produk sulam usus, (4) pada indikator modal terjadi perkembangan dengan adanya bantuan pinjaman pemerintah. Kata kunci: perkembangan usaha, sulam usus Lampung

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2308990042 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:52
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78846

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir