PENGARUH SUHU DAN KETEBALAN IRISAN TERHADAP KUALITAS KERIPIK UBI ORANYE (Ipomoea batatas L.) MENGGUNAKAN PENGGORENGAN VAKUM (Vacuum Frying)

ALTHORIQ, RIZKY ALIFTAMA (2022) PENGARUH SUHU DAN KETEBALAN IRISAN TERHADAP KUALITAS KERIPIK UBI ORANYE (Ipomoea batatas L.) MENGGUNAKAN PENGGORENGAN VAKUM (Vacuum Frying). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1657Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1172Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh suhu dan ketebalan terhadap penelitian keripik ubi jalar simbol yang dibuat menggunakan mesin penggoreng vakum. Percobaan dilakukan dengan menggunakan ubi jalar oranye yang dikupas, direbus, diiris, dan digoreng tanpa penambahan bahan tambahan lain. Variabel yang diamati adalah waktu penggorengan dan rendemen keripik. Pengujian dilakukan dengan mengatur suhu penggorengan pada tiga tingkat (70 °C, 80 °C, dan 90 °C) dan ketebalan ubi jalar oranye pada tiga tingkat (1 cm, 1,5 cm, dan 2 cm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu dan ketebalan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap waktu penggorengan. Semakin tinggi suhu, waktu penggorengan cenderung lebih singkat. Sedangkan ketebalan irisan ubi jalar oranye juga mempengaruhi waktu penggorengan, dimana irisan yang lebih tebal membutuhkan waktu lebih lama. Namun, hasil uji Anova menunjukkan bahwa tindakan tidak berpengaruh signifikan terhadap rendemen keripik. Hanya faktor ketebalan yang berpengaruh secara signifikan terhadap rendemen, dengan irisan yang lebih tipis menghasilkan rendemen yang lebih tinggi. Dalam kesimpulannya, suhu dan ketebalan mempengaruhi waktu penggorengan keripik ubi jalar oranye, sedangkan hanya ketebalan yang berpengaruh terhadap rendemen. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembuatan keripik ubi jalar oranye menggunakan mesin penggoreng vakum. Kata kunci: ubi oranye, suhu, ketebalan, vacuum frying

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2308840202 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:51
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78859

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir