PENGARUH PROSES BLANSING DAN SUHU PENGERINGAN PADA BUBUK CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.) DAN DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP SIFAT SENSORI YANG DIHASILKAN

Rahmat, Triharto (2024) PENGARUH PROSES BLANSING DAN SUHU PENGERINGAN PADA BUBUK CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.) DAN DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP SIFAT SENSORI YANG DIHASILKAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1855Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1797Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Cabai merah besar adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki masa simpan yang rendah karena kadar air yang tinggi. Salah satu cara memperpanjang masa simpan adalah diolah menjadi bubuk cabai merah besar. Penambahan daun jeruk purut juga diperlukan untuk menambah aroma khas sehingga menambah daya tarik bubuk cabai. Namun, Mutu dari suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah Proses Blansing dan Suhu Pengeringan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh proses blansing dan suhu pengeringan terhadap sifat sensori yang disukai oleh panelis. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan 2 faktor, faktor pertama adalah proses blansing; tanpa blansing dan blansing dengan suhu 90⁰ C selama 6 menit. Faktor kedua adalah suhu pengeringan; pengeringan oven dengan suhu 60⁰ C, pengeringan oven dengan suhu 70⁰ C, pengeringan oven dengan suhu 80⁰ C, pengeringan oven dengan suhu 90⁰ C. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 ulangan. Data yang diperoleh diuji kesamaan ragamnya dengan uji bartlett, dianalisis sidik ragam dan diolah lebih dengan uji lanjut perbandingan ortogonal polinomial pada taraf 5% dan 1%. Pada penelitian ini, Proses blansing dan perbedaan suhu masing-masing berpengaruh sangat nyata terhadap pembuatan bubuk cabai. Namun, tidak terdapat interaksi antara proses blansing dan perbedaan suhu terhadap pembuatan bubuk cabai merah besar dan daun jeruk purut.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2308358955 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:15
Terakhir diubah: 15 Feb 2024 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78875

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir