CAROLLINA , BERLIANTI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SIKAP KEBHINEKAAN GLOBAL DI SMAN 2 KOTABUMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3835Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3627Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Upaya Meningkatkan Sikap Kebhinekaan Global Pada Materi PPKn Kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 2 Kotabumi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 responden yang terdiri dari 36 responden kelas eksperimen dan 36 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa adanya penguatan sikap kebhinekaan global dengan diterapkannya cooperative learning pada materi PPKn kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi yang berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar (55,59% )yang dapat dikategorikan cukup efektif. Penerapan model cooperative learning dilakukan mampu memadukan pendekatan yang komunikatif, integratif, dan keterampilan proses, seperti Guru memberikan pemahaman dan materi tentang kebhinekaan, lalu Peserta didik dibuat beberapa kelompok yang kemudian masing-masing peserta didik mengerjakan soal dari materi yang sudah dijelaskan, serta dapat berdiskusi bersama, score nilai benar terbanyak adalah pemenangnya dan berhak mendapatkan reward. Sehingga pembelajaran ini mampu meningkatkan kerja sama, interaksi, menghargai pendapat dan motivasi semangat dalam menjawab soal yang diberikan maka dari itu impementasi sikap kebhinekaan dapat terbentuk di dalam kelompok maupun diluar kelompok contohya lingkungan sekolah peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning, Kebhinekaan Global The purpose of this research is to determine and describe the influence of implementing the Cooperative Learning Model in an Effort to Improve Attitudes of Global Diversity in Class X PPKn Material at SMA Negeri 2 Kotabumi. The research method used in this research is quasi-experimental or quasi- experimental with a quantitative approach. The subjects of this study were students at SMA Negeri 2 Kotabumi. The sample in this study amounted to 76 respondents consisting of 36 experimental class respondents and 36 control class respondents. The data calculation technique uses SPSS version 20. Based on the results of the Independent Samples Test calculations used in this research, it shows that there is an influence of the cooperative learning model in improving global diversity attitudes in class X PPKn material at SMA Negeri 2 Kotabumi based on the N-Gain test. The score has an effectiveness of (55, 59%) which can be categorized as quite effective. The application of the cooperative learning model is able to combine communicative, integrative approaches and process skills, such as the teacher providing understanding and material about diversity, then students create several groups, then each student works on questions from the material that has been explained, and can discuss Together, the score with the most correct scores is the winner and is entitled to a prize. So that this learning is able to increase cooperation, interaction, respect for opinions and enthusiastic motivation in answering the questions given, therefore implementing an attitude of diversity can be formed within the group of students. Keywords: Cooperative Learning Model, Global Diversity
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | 2308635342 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 01:29 |
Terakhir diubah: | 16 Feb 2024 01:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78911 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |