FORMULASI MINYAK ATSIRI SERAI DAPUR (Cymbopogon citrates), BUNGA MAWAR (Rosa sp) DAN KAYU CENDANA (Santalum album) PADA PEMBUATAN EAU DE PARFUME

KELVIN, ANDREANSYAH (2024) FORMULASI MINYAK ATSIRI SERAI DAPUR (Cymbopogon citrates), BUNGA MAWAR (Rosa sp) DAN KAYU CENDANA (Santalum album) PADA PEMBUATAN EAU DE PARFUME. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (852Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2095Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2183Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu jenis minyak astiri yang terdapat di Provinsi Lampung berasal dari serai dapur (Cymbopogon citrates), Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki potensi sebagai penghasil minyak atsiri dengan kualitas bagus dan memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan formulasi minyak atsiri (essential oil) serai dapur (Cymbopogon citrates) dengan minyak atsiri bunga mawar dan kayu cendana menjadi eau de parfume yang disukai oleh panelis. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dan menggunakan perlakuan tunggal dengan 6 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan perbandingan minyak atsiri serai dapur, bunga mawar dan kayu cendana dari total konsentrasi minyak atsiri yang dibutuhkan untuk membuat eau de parfum adalah 20%. Data yang diperoleh diuji kesamaan ragamnya dengan uji Bartleet. Data kemudian dianalisis sidik ragam dan seluruh data diolah lebih lanjut dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan terbaik yang di hasilkan yaitu F2 dengan formulasi senyawa aromatic (1,75 mL Serai Dapur-5,75 mL Bunga Mawar-2,5 mL Kayu Cendana). Formulasi ini memiliki karakteristik daya tahan wangi yang bisa bertahan >5 jam, berat jenis 1,052 tidak terdapat noda saat digunakan dan kesesuaian parfum yang diterima oleh para panelis dengan aroma yang fresh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2308213163 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:55
Terakhir diubah: 16 Feb 2024 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78938

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir