AKTIVITAS ANTIMIKROBA FRAKSI ETIL ASETAT DARI EKSTRAK ETANOL 96% DAUN DAN KULIT BATANG BAKAU (Rhizophora apiculata) TERHADAP Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Pseudomonas aeruginosa, DAN Candida albicans

Putri, Adilla (2024) AKTIVITAS ANTIMIKROBA FRAKSI ETIL ASETAT DARI EKSTRAK ETANOL 96% DAUN DAN KULIT BATANG BAKAU (Rhizophora apiculata) TERHADAP Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Pseudomonas aeruginosa, DAN Candida albicans. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang : Penyakit infeksi adalah masalah kesehatan yang penting karena banyak terjadi kasus resistensi antibiotik. Tanaman bakau (Rhizophora apiculata) mengandung metabolit sekunder yang dapat berperan sebagai antimikroba. Tujuan : Untuk mengetahui aktivitas antimikroba fraksi etil asetat dari ekstrak etanol 96% daun dan kulit batang bakau (Rhizophora apiculata) terhadap Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Pseudomonas aeruginosa dan Candida albicans. Metode : Penelitian eksperimental laboratorium dengan ekstraksi menggunakan metode maserasi, fraksinasi dengan metode cair-cair, dan aktivitas antimikroba menggunakan metode difusi agar sumuran. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan fraksi etil asetat dari ekstrak etanol 96% daun dan kulit batang bakau (Rhizophora apiculata) dapat menghambat Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes pada konsentrasi efektif 25%, dengan diameter zona hambat yang terbentuk lebih baik pada fraksi etil asetat kulit batang. Namun tidak dapat menghambat Pseudomonas aeruginosa dan Candida albicans. Simpulan : Terdapat aktivitas antimikroba fraksi etil asetat dari ekstrak etanol 96% daun dan kulit batang bakau (Rhizophora apiculata) terhadap Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes, namun tidak pada Pseudomonas aeruginosa dan Candida albicans.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Farmasi
Pengguna Deposit: 2308968042 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:01
Terakhir diubah: 19 Feb 2024 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir