Hubungan Derajat Trombositopenia dengan Manifestasi Perdarahan dan Lama Rawat Inap pada Pasien Anak dengan Infeksi Virus Dengue yang Dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Periode September 2022 - September 2023

Syabila , Febrilia Nasyafa (2024) Hubungan Derajat Trombositopenia dengan Manifestasi Perdarahan dan Lama Rawat Inap pada Pasien Anak dengan Infeksi Virus Dengue yang Dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Periode September 2022 - September 2023. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (22Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (22Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Infeksi virus dengue masih menjadi tantangan kesehatan baik skala global maupun skala nasional dimana di Indonesia, anak usia 0-14 tahun menjadi kelompok paling rentan yang mana dicatatkan selalu terjadi peningkatan insidensi di kelompok ini. Metode: Penelitian ini metode deskriptif analitik melalui pendekatan cross-sectional dan menguji hubungan derajat trombositopenia dengan manifestasi perdarahan serta lama rawat inap pasien anak. Jumlah sampel yang diuji pada penelitian ini adalah sebanyak 64 sampel. Hasil: Hasil penelitian menunjukan derajat trombositopenia pasien didominasi oleh trombositopenia derajat berat sebanyak 46,9% dengan 54,7% dari total sampel tidak memiliki manifestasi perdarahan, serta 68,8% diantaranya dirawat dalam rentang waktu 4 - 7 hari. Hasil uji korelasi Kolmogorov-Smirnov didapatkan (p = 0,951) untuk uji hubungan derajat trombositopenia dengan manifestasi perdarahan dan (p = 0,952) untuk uji hubungan derajat trombositopenia dengan lama rawat inap. Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara derajat trombositopenia dengan manifestasi perdarahan dan lama rawat inap pada pasien dengan infeksi virus dengue.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308055576 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:16
Terakhir diubah: 19 Feb 2024 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78991

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir