YULI , ANDINI (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2453Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (873Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu inovasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketertarikan peserta didik pada pembelajaran kimia yaitu dengan menggunakan sumber belajar elektronik berupa buku digital (e-book). E-book interaktif melibatkan peserta didik secara aktif yang di dalamnya memuat gambar, video, percobaan virtual, serta kuis. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-book interaktif berbasis everyday life phenomena pada materi asam basa Arrhenius. Desain penelitian ini yaitu research and development (R & D) oleh Borg and Gall. Hasil validasi ahli terhadap e-book yang dikembangkan diperoleh hasil rata-rata 77,50% pada aspek kesesuaian isi materi dengan kompetensi inti-kompetensi dasar (KIKD), aspek konstruksi 76,25%, aspek keterbacaan 75%, dan aspek kemenarikan 78,33%. Semua aspek memiliki kriteria tinggi, sehingga dinyatakan bahwa e-book yang dikembangkan valid atau layak untuk digunakan. Hasil tanggapan guru diperoleh rata-rata 89,63% pada aspek kesesuaian isi materi dengan KI-KD, aspek keterbacaan 86,67%, dan aspek kemenarikan 85,84%. Hasil tanggapan siswa diperoleh rata-rata 84% pada aspek keterbacaan dan 86,28% pada aspek kemenarikan. Hasil tanggapan guru dan tanggapan siswa terhadap e-book yang dikembangkan memiliki kriteria tinggi pada semua aspek. Kata Kunci: Asam basa, e-book interaktif, everyday life phenomena.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308113874 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:07 |
Terakhir diubah: | 19 Feb 2024 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79006 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |