PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS

YULI , ANDINI (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI ASAM BASA ARRHENIUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2453Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (873Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu inovasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketertarikan peserta didik pada pembelajaran kimia yaitu dengan menggunakan sumber belajar elektronik berupa buku digital (e-book). E-book interaktif melibatkan peserta didik secara aktif yang di dalamnya memuat gambar, video, percobaan virtual, serta kuis. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-book interaktif berbasis everyday life phenomena pada materi asam basa Arrhenius. Desain penelitian ini yaitu research and development (R & D) oleh Borg and Gall. Hasil validasi ahli terhadap e-book yang dikembangkan diperoleh hasil rata-rata 77,50% pada aspek kesesuaian isi materi dengan kompetensi inti-kompetensi dasar (KIKD), aspek konstruksi 76,25%, aspek keterbacaan 75%, dan aspek kemenarikan 78,33%. Semua aspek memiliki kriteria tinggi, sehingga dinyatakan bahwa e-book yang dikembangkan valid atau layak untuk digunakan. Hasil tanggapan guru diperoleh rata-rata 89,63% pada aspek kesesuaian isi materi dengan KI-KD, aspek keterbacaan 86,67%, dan aspek kemenarikan 85,84%. Hasil tanggapan siswa diperoleh rata-rata 84% pada aspek keterbacaan dan 86,28% pada aspek kemenarikan. Hasil tanggapan guru dan tanggapan siswa terhadap e-book yang dikembangkan memiliki kriteria tinggi pada semua aspek. Kata Kunci: Asam basa, e-book interaktif, everyday life phenomena.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308113874 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:07
Terakhir diubah: 19 Feb 2024 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79006

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir