PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI BERDASARKAN KARAKTERISTIK METAKOGNISI SISWA

PUTRI , RAHAYU (2024) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI BERDASARKAN KARAKTERISTIK METAKOGNISI SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1957Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tingkat tinggi berdasarkan karakteristik metakogisi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan rancangan Solomon Four Groups Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Al Kautsar yang berjumlah 216 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian dan diperoleh sebanyak 112 siswa. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu dengan menggunakan uji Mann Whitney. Adapun hasil penelitian ini mennjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning efektif untuk diterapkan di sekolah dasar karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar kognitif tingkat tinggi beradasarkan karakteristik metakognisi siswa. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil perolehan perhitungan data pada kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol 1 diperoleh data sebesar 0,001 < 0,05, sedangkan pada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol 2 diperoleh data sebesar 0,000 < 0,05 artinya penerapan pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada tingkat tinggi beradasarkan karakteristik metakognisi siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi, Metakognisi The problem in this research stems from the results of an analysis of student needs during learning activities. This research aims to apply the Discovery Learning learning model in fostering high-level cognitive learning outcomes based on students' metacognitive characteristics. This research is a type of quasiexperimental research, with a Solomon Four Groups Design. The population of this study was all fourth grade students at SD Al Kautsar, totaling 216 students. The sample for this research was determined using the Cluster Random Sampling technique which was in accordance with the research objectives and obtained a total of 112 students. Data collection tools use valid and reliable test instruments. The data analysis technique uses non-parametric tests, namely using the Mann Whitney test. The research results show that the application of the Discovery Learning learning model is effective in elementary schools because it can increase student activity in learning activities so that it has an impact on increasing highlevel cognitive learning outcomes based on students' metacognitive characteristics. This can also be proven from the results of data calculations in experimental class 1 and control class 1, data obtained was 0.001 < 0.05, while in experimental class 2 and control class 2 data obtained was 0.000 < 0.05, meaning that the application of Discovery Learning had an effect. which is significant in increasing high-level cognitive learning outcomes based on students' metacognitive skills. Keywords: Discovery Learning, High Level Cognitive Learning Outcomes, Metacognition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308144549 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:32
Terakhir diubah: 19 Feb 2024 08:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79021

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir