PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE MONEY CHANGER MIMOPAY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

NABILA, TUSYIFA (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE MONEY CHANGER MIMOPAY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1756Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masa pasca-pandemi memberikan dampak pada jumlah masyarakat Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Hal itu juga akan berdampak juga pada aktivitas transaksional yang memerlukan ketersediaan uang tunai yang ditukarkan di mesin penukaran fisik, Visa, MasterCard, atau kartu kredit untuk mendukung transaksi tersebut. Keterlibatan transaksi digital dikalangan masyarakat Indonesia juga berpengaruh penting karena kegiatan menukarkankan uang secara offline tentu memerlukan waktu dan tenaga lebih. Oleh karena itu, konsep pertukaran mata uang asing online menjadi penting dalam mengatasi tantangan ini. Penelitian ini memerlukan pendekatan berbasis solusi (solution-based) dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga metode design thinking cocok digunakan dalam penelitian ini. Metode design thinking diimplementasikan dalam lima fase yaitu "Empathize", "Define", "Ideate", "Prototype", dan "Test". Berdasarkan masalah dan kebutuhan pengguna yang diambil dari hasil wawancara dan brainstroming, didapatkan 16 desain interface berbeda dengan nilai efektivitas mencapai 86%, dan nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 83,6, dengan grade scale B, adjective rating excellent, dan masuk dalam kategori “acceptable”. Berdasarkan hasil tersebut, maka kemudahan penggunaan desain antarmuka aplikasi mobile money changer MimoPay dapat diterima dan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan transaksi mata uang asing secara online. Namun, desain antarmuka aplikasi mobile money changer MimoPay harus terus diuji dan dievaluasi untuk menyesuaikan perkembangan dan perubahan terbaru. Pengembangan aplikasi juga harus mempertimbangkan peraturan e-money oleh UU, Peraturan Menteri, Peraturan Bank Indonesia, OJK, dan ISO yang berlaku untuk mematuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna global. Kata kunci: E-Money, Design Thinking, Task Complection Rate, SUS. The post-epidemic period had an impact on the number of Indonesians traveling abroad. It will also affect transaction activities that require the availability of cash exchanged at physical exchange machines, Visa, MasterCard, or credit cards to support the transaction. The involvement of digital transactions among Indonesian people is also important because offline money exchange activities will take more time and effort. Therefore, the concept of online foreign currency exchange has become crucial in addressing this challenge. This research requires a solution-based approach to solving problems, so the design thinking method is suitable for use in this research. Design thinking is implemented in five phases: "empathize," "define," "ideate," "prototype," and "test." Based on issues and user needs taken from interviews and brainstorming, 16 different interface designs were obtained with an efficiency rating of 86% and a System Usability Scale (SUS) rating of 83.6, with grade scale B, adjective rating excellent, and in the category "acceptable." Based on these results, the ease of use of MimoPay's mobile money changer application interface design is acceptable and provides ease for users in conducting foreign currency transactions online. However, MimoPay's mobile money change application interface design must be continuously tested and evaluated to adapt to the latest developments and changes. Application development should also consider e-money regulations by applicable laws, ministerial regulations, Bank Indonesia Regulations, OJK, and ISO to comply with global security and user convenience standards. Keyword: E-Money, Design Thinking, Task Complection Rate, SUS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2308797017 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:38
Terakhir diubah: 19 Feb 2024 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79023

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir