ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MEDIA KOMIK (Studi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)

Lusia , Rahmawati Dewi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MEDIA KOMIK (Studi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1982Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1580Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran statistika. Sampel penelitian ini adalah 54 siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang kemampuan numerasi siswa yang diperoleh melalui tes kemampuan numerasi dan wawancara. Analisis dilakukan melalui 3 aktivitas yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, rata-rata persentase siswa yang memenuhi kemampuan numerasi dari masing-masing indikator pada kelas VII-A dan VII-B yaitu sebagai berikut, pada indikator mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari – hari pada kelas VII-A dan VII-B masing-masing sebesar 17,28% dan 24,69%, kemudian pada indikator kedua yaitu, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) siswa yang memenuhi pada kelas VII-A dan VIIB masing-masing sebesar 30,86% dan 28,40%, dan pada indikator ketiga yaitu, mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan yang memenuhi indikator ini pada kelas VII-A dan VII-B masingmasing sebesar 14,81% dan 8,64%. Penggunaan model pembelajaran yang berbeda perlu dikembangkan oleh peneliti lain sehingga mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308725546 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:24
Terakhir diubah: 20 Feb 2024 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79092

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir