Reza Gustifa, Adinda (2024) PENGARUH KONTEN INSTAGRAM @LEONAVICTORIA_AHLIGIZI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAKANAN SEHAT PENCEGAHAN STUNTING. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (574Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3565Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi (Tanpa Pembahasan).pdf Download (2543Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Maraknya penggunaan Instagram untuk berbagi pemahaman kognitif dari topik kesehatan memunculkan banyak konten kreator, salah satunya adalah akun @leonavictoria_ahligizi yang membahas topik kesehatan khususnya dalam konteks gizi anak. Leona Victoria (leonavictoria_ahligizi) hadir dengan konten yang berkaitan dengan pemenuhan gizi anak yang relevan dalam upaya mencegah penyakit stunting. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh konten Instagram @leonavictoria_ahligizi dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai makanan sehat anak dalam upaya pencegahan stunting dalam sudut pandang teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 100 responden. Dari hasil penelitian yang diolah dengan SmartPLS versi 4.0, hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari konten akun Instagram @leonavictoria_ahligizi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi makanan sehat yang dibuktikan dengan uji hipotesis dan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan dan nilai t hitung > t tabel sebesar 9,976 > 1,984, yang artinya H0 ditolak dan H0 diterima. Berdasarkan hasil uji path coefficient, didapatkan hasil original sample sebesar 0,729, atau dapat diartikan bahwa pengaruh antara konten @leonavictoria_ahligizi sebagai variabel X dan pemenuhan kebutuhan informasi makanan sehat dalam upaya pencegahan stunting sebagai variabel Y sebesar 72,9%. Sedangkan 27,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada beberapa kuesioner yang belum terhubung antara indikator variabel X dan indikator variabel Y. Oleh karena itu, diharapkan penelitian selanjutnya dapat merincikan setiap pertanyaan kuesioner dengan menghubungkan antara indikator variabel X dan Y. Kata Kunci : Instagram; Konten; Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Stunting, Gizi, Makanan Sehat. The increasing amount number of Instagram use to share cognitive understanding of health-related topics led into the rising of the content creators, such as @leonavictoria_ahligizi which discusses about health topics, particularly in context of children’s nutrition. Leona Victoria provides the kids nutrition-related information in order to fulfill the information needs and prevent stunting through her Instagram content. This study aims to determine the influence of @leonavictoria_ahligizi’s Instagram content (X) in fulfilling information needs regarding nutritious foods for children to prevent stunting (Y) with the perspective of uses and gratifications theory. This research uses a quantitative methodology approach with a survey method to 100 respondents. According to the results that calculated by SmartPLS version 4.0, there is a positive and significant effect of @leonavictoria_ahligizi’s Instagram content on fulfilling information needs about healthy food, supported by the hypothesis test results that showed a significance value of 0.000 along with the value of t count > t table of 9.976 > 1.984, which indicated that H0 was rejected and H0 was accepted. Based on the results of the path coefficient test results, the original sample, which is 0.729, proves that @leonavictoria_ahligizi’s Instagram content (X) had a 72,9% influence on the fulfillment of healthy food information to prevent stunting (Y), while the remaining 27,1% reflecting by other factors outside this study. This research has limitations on some unconnected questionnaires between variable X indicators and variable Y indicators. Therefore, it is expected that the further research will be able to formulate a connection between the X and Y variable indicators in order give details about each research questionnaire. Keywords : Instagram; Content; Information Needs Fulfillment; Stunting; Nutrition; Healthy Food.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2308770551 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:34 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2024 07:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79118 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |