PENGEMBANGAN e-MODUL PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG PADA PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA KELAS 5 SD MENGGUNAKAN ISPRING DAN WEBSITE 2 APK BUILDER

ARIS , IRAWAN (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG PADA PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA KELAS 5 SD MENGGUNAKAN ISPRING DAN WEBSITE 2 APK BUILDER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2912Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1331Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Budaya Lampung merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia memiliki keberagaman adat istiadatnya. e-Modul adalah media interaktif yang memudahkan pengguna dan salah satu transformasi buku, ataupun materi-materi yang ingin disajikan kepada pengguna ke dalam digital seperti platform android. Penggunaan android pada jenjang Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rauf Bandar Lampung kelas V mencapai 100% saat di rumah. Penelitian ini mengembangkan e-Modul pengenalan budaya Lampung pada platform android dan mengetahui validitas serta kepraktisan e-Modul pengenalan budaya lampung untuk siswa kelas 5 SD selanjutnya diberi nama Sanak Belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah Design and Development Research (DDR) dengan mengadaptasi model pengembangan oleh Richey & Klien, terdapat 4 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data validasi materi dan validasi media. Wawancara dan survei mengumpulkan data untuk kepraktisan melalui sebar angket. e-Modul Pengenalan Budaya Lampung yang dikembangkan pada platform android dinyatakan valid oleh validator materi dengan skor rata-rata 94,3% dengan kategori sangat valid sedangkan ahli media mendapatkan skor 77% dengan kategori Valid. Berdasarkan penilaian ahli media eModul dan materi pengenalan budaya Lampung pada platform android menunjukan Sanak Belajar layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang telah dilakukan melalui angket respon siswa dan persepsi guru mendapatkan skor rata-rata 89,47% dengan kategori sangat praktis. Kata kunci: e-Modul, budaya Lampung, android, kelas V SD, DDR

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308312866 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:47
Terakhir diubah: 20 Feb 2024 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79128

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir