UJI STIMULASI PERTUMBUHAN RAMBUT MENCIT (Mus musculus L.) HIPERGLIKEMIA DENGAN SALEP EKSTRAK ETANOL DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.)

Lilis , Nuraini (2024) UJI STIMULASI PERTUMBUHAN RAMBUT MENCIT (Mus musculus L.) HIPERGLIKEMIA DENGAN SALEP EKSTRAK ETANOL DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1276Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam siklus pertumbuhan rambut, kondisi hiperglikemia dapat mempengaruhi kerontokan. Penelitian mengenai pengaruh ekstrak daun kersen dalam merawat dan menstimulasi pertumbuhan rambut belum pernah dilakukan sebelumnya. Ekstrak daun kersen sendiri memiliki kandungan metabolit sekunder dan senyawa kimia seperti flavonoid, saponin, alkaloid, vitamin, mineral dan protein yang diduga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salep ekstrak etanol daun kersen dalam menstimulasi penambahan panjang dan penambahan bobot rambut mencit hiperglikemia. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan yang dibagi kedalam kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+) dan 4 perlakuan dengan perbedaan konsentrasi salep ekstrak etanol daun kersen yang digunakan yaitu 10%, 30%, 50%, dan 70%. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuji secara statistik dengan uji One-Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Duncan dengan taraf sig. 0,05. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan salep ekstrak etanol daun kersen dapat menstimulasi penambahan panjang dan penambahan bobot rambut dengan aktivitas paling baik ditunjukan oleh salep dengan konsentrasi 70%, dengan nilai rata-rata pertumbuhan pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 secara berturut-turut yaitu 2,80 mm; 4,70 mm; dan 5,33 mm dan rata-rata penambahan bobot rambut yaitu sebesar 17 mg/cm2. Kata kunci: Pertumbuhan rambut, Hiperglikemia, Salep, Daun kersen.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2308850069 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:52
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79150

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir