LULU , NAFISA SANI (2024) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KOTA METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2121Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2292Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Metro yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor kemandirian belajar dan faktor intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah. Faktor kemandirian belajar yaitu kemandirian belajar peserta didik kurang maksimal berakibat hasil belajar yang diperoleh belum optimal, faktor intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah yaitu peserta didik masih kurang memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk kepentingan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas V. Metode penelitian ini adalah ex-post facto korelasi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 63 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas Pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Metro dengan koefisien korelasi sebesar 0,669 berada pada taraf “kuat”. Kata Kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, pemanfaatan perpustakaan The problem in this study is the low thematic learning outcomes of grade V students of SD Negeri Cluster Ki Hajar Dewantara Metro City which is influenced by several factors, namely the factor of learning independence and the intensity factor of school library utilization. The learning independence factor is that the independence of student learning is less than optimal, resulting in the learning results obtained are not optimal, the intensity factor of school library utilization is that students still do not use the school library for their learning interests. This study aims to determine the relationship between learning independence and intensity of school library utilization with thematic learning outcomes of grade V students. This research method is an ex-post facto correlation, the population in this study amounted to 147 students and the research sample amounted to 63 students. The data collection techniques used are questionnaires/questionnaires and documentation studies. The data collection instrument is a questionnaire with a Likert scale that has been tested for validity and reliability. The results showed that there was a positive and significant relationship between learning independence and the intensity of school library use with thematic learning outcomes of grade V students of SD Negeri Cluster Ki Hajar Dewantara Metro City with a correlation coefficient of 0.669 at the "strong" level. Keywords: learning outcomes, learning independence, library utilization
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308541996 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:15 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2024 03:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79177 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |