MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KALIANDA

SINGGIH , HARI PANGESTU (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KALIANDA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1018Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (943Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Kalianda, melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tahap (1) Perencanaan diawali dengan menganalisis kebutuhan, membuat daftar kebutuhan, menentukan skala prioritas dan merumuskan sarana prasarana yang sesuai dengan kondisi; (2) Pengorganisasian tim gugus tugas sarana dan prasarna dilakukan oleh koordinator tim pelaksana yaitu wakil kepala bidang sarana dan prasarna dan kepala sekolah sebagai penanggung jawab terwujudnya sarana dan prasarana sekolah; (3) Pelaksanaan sarana dan prasarna sekolah melibatkan seluruh masyarakat SMA Negeri 1 Kalianda; (4) Pengawasan manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Kalianda dilakukan melalui monitoring secara berkala oleh kepala sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. Kata kunci : manajemen, sarana dan prasarana, proses pembelajaran. This research aims to analyze and describe the implementation of facilities and infrastructure management at SMA Negeri 1 Kalianda, through the stages of planning, organizing, implementing and supervising. This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and document study. The results of the research carried out at stage (1) Planning begin with analyzing needs, making a list of needs, determining the priority scale and formulating infrastructure that suits the conditions; (2) The organization of the facilities and infrastructure task force team is carried out by the coordinator of the implementation team, namely the deputy head of the facilities and infrastructure sector and the school principal as the person responsible for the realization of school facilities and infrastructure; (3) Implementation of school facilities and infrastructure involves the entire community of SMA Negeri 1 Kalianda; (4) Supervision of the management of facilities and infrastructure at SMA Negeri 1 Kalianda is carried out through regular monitoring by the principal and assisted by the deputy principal for facilities and infrastructure. Keywords: management, facilities and infrastructure, learning process

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2308038380 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:28
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79189

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir