DELLA , KHOIRUNNISA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH MENGGUNAKAN CANVA DAN NEARPOD UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1470Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1268Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video interaktif materi rangkaian arus searah menggunakan canva dan nearpod untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru dan uji respon peserta didik, serta uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-Gain dan Paired Sample T-Test. Pada hasil uji validitas media dan desain didapatkan skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid, kemudian untuk uji validitas materi dan konstruk memperoleh skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar 82,3 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat berdasarkan hasil N- Gain pretest posttest, dengan perolehan skor sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Sehingga dapat diartikan bahwa video interaktif efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci:Video pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran inquiry
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308510006 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 06:34 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2024 06:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79219 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |