PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH MENGGUNAKAN CANVA DAN NEARPOD UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

DELLA , KHOIRUNNISA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH MENGGUNAKAN CANVA DAN NEARPOD UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1470Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1268Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video interaktif materi rangkaian arus searah menggunakan canva dan nearpod untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru dan uji respon peserta didik, serta uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-Gain dan Paired Sample T-Test. Pada hasil uji validitas media dan desain didapatkan skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid, kemudian untuk uji validitas materi dan konstruk memperoleh skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar 82,3 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat berdasarkan hasil N- Gain pretest posttest, dengan perolehan skor sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Sehingga dapat diartikan bahwa video interaktif efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci:Video pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308510006 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:34
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir