EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Peserta Didik SMP Negeri 2 Banjar Baru Tulang Bawang)

NURUL , AFIDA (2024) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Peserta Didik SMP Negeri 2 Banjar Baru Tulang Bawang). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1413Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning terhadap keterampilan proses sains (KPS) peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperimental dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terbagi dalam kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang berupa nilai keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan nilai keterampilan proses sains peserta didik. Data diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan sintaks strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning yang dianalisis secara deskriptif dan tes materi sistem ekskresi yang dianalisis secara statistik menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan hasil tabulasi N-Gain peserta didik kelas eksperimen telah memenuhi syarat keefektifan dengan N-Gain kategori sedang sebesar 66,7% dan N-Gain kategori tinggi sebesar 33,3%. Kata kunci: flipped classroom, discovery learning, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308710817 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:38
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79221

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir