PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK DENGAN PEMANFAATAAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI GREEN ENERGY

YUDHA, RAMDENI (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK DENGAN PEMANFAATAAN CRUDE PALM OIL (CPO) SEBAGAI GREEN ENERGY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2175Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran LKPD berbasis Proyek dengan pemanfaatan Crude Palm Oil (CPO) sebagai green energy yang diorientasi dari kimia hijau kelas X IPA pada kurikulum merdeka, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tanggapan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D dari Thiagarajan yang hanya sampai pada tahap ketiga dari total empat tahap penelitian, yaitu define, design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan ialah angket guru dan peserta didik mengenai kebutuhan pengembangan media pembelajaran. angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik untuk menetahui tanggapan dari produk LKPD yang dikembangkan. Sumber data di tahap define berasal dari enam puluh orang peserta didik kelas X dan enam guru dari tiga sekolah berbeda dan data pada tahap development berasal dari tiga validator dan tiga guru dan tiga puluh orang peserta didik dari dua sekolah yang berada di dua provinsi yang berbeda. Data yang diperoleh dari validator, guru dan peserta didik dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik LKPD yang dikembangakan mengikuti sintaks dari Colley (2008) yaitu orientasi masalah, mengidentifikasi masalah, merencanakan proyek, melaksanakan proyek serta mendokumentasikan dan melaporkan hasil temuan proyek. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi dan aspek kemenarikan memiliki kategori yang sangat tinggi, demikian juga tanggapan peserta didik pada aspek kemenarikan memiliki kategori yang sangat tinggi. Dengan demikian, LKPD berbasis proyek dengan pemanfaatan Crude Palm Oil (CPO) sebagai Green Energy dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : LKPD , Pembelajaran berbasis Proyek, Crude Palm Oil, Green Energy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308982447 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:55
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79222

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir