EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

NABYLA , RETNO EKAPUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1297Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1036Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Weak Experimental Design dengan desain penelitian yaitu The One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan kemampuan kognitif. Pada penelitian ini kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1. Instrument penelitian yaitu lembar observasi kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan desktriptif pada penelitian ini menggunakan skor dari pengamatan aspek yang dinilai pada keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa berkategori baik, mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: efektivitas, discovery learning, keterampilan kolaborasi, larutan penyangga. This research aims to describe the effectiveness of the discovery learning model to improve collaboration skills in buffer solution material. The method used in this research is Weak Experimental Design with a research design namely The One- Shot Case Study. The population in this study were all students of class XI Science at SMAN 7 Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year. Sampling was carried out using a purposive sampling technique based on considerations of cognitive ability. In this research, the sample class was class XI Science 1. The research instrument was a collaborative observation sheet. The descriptive data analysis technique in this research uses scores from observations of aspects assessed in collaboration skills. The research results showed that students' collaboration skills were in the good category, increasing at each meeting. This shows that the discovery learning model is effective in improving students' collaboration skills on buffer solution material. Key words: effectiveness, discovery learning, collaboration skills, buffer solution.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308442512 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:10
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79230

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir