PENGARUH APLIKASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya ) TERHADAP PERKEMBANGAN DAN MORTALITAS HAMA PENGGEREK BATANG JAGUNG (Ostrinia furnacalis) DI LABORATORIUM

Angely , Chintana Wilyasari (2024) PENGARUH APLIKASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya ) TERHADAP PERKEMBANGAN DAN MORTALITAS HAMA PENGGEREK BATANG JAGUNG (Ostrinia furnacalis) DI LABORATORIUM. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (285Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1914Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1744Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ostrinia furnacalis merupakan hama penting pada tanaman jagung. Pengendalian ramah lingkungan yang dapat dilakukan antara lain dengan penggunaan pestisida nabati. Salah satu pestisida nabati yang dapat digunakan yaitu ekstrak daun papaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun papaya terhadap mortalitas dan penghambatan perkembangan hama O. furnacalis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Desember 2023 di Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan dan Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan, Jurusan Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini disusun dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 ulangan (kelompok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi ekstrak daun papaya mengakibatkan meningkatnya mortalitas dan aplikasi ekstrak daun papaya konsentrasi 8% mampu menyebabkan mortalitas O. furnacalis, sebesar 72,5% pada pengamatan 7 hari setelah aplikasi (HSA). Aplikasi ekstrak daun papaya mampu menghambat perkembangan O. furnacalis dengan menggangu pembentukan pupa, dan imago. Kata kunci: Carica papaya, mortalitas, Ostrinia furnacalis, penghambatan metamorphosis, pestisida nabati.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308886538 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:58
Terakhir diubah: 22 Feb 2024 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79272

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir