DWI , FEBTIANI (2024) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 BANDARLAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah implikatur percakapan dan bentuk-bentuk implikatur yang terjadi dalam pembelajaran teks ceramah/pidato pada siswa kelas XI di MAN 2 Bandarlampung. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk impliktur percakapan yang terjadi dalam pembelajaran teks ceramah pada siswa kelas XI di MAN 2 Bandarlampung Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penulis akan memaparkan dan menganalisis secara objektif berdasarkan data yang akurat. Adapun sumber data penelitian yang diperoleh bentuk-bentuk percakapan yang mengandung implikatur berbahasa Indonesia dalam pembelajaran teks ceramah di kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik rekam video, observasi (pengamatan), wawancara dan teknik simak-catat sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis heuristik. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini ditemukan 53 data yang meliputi, (1) Implikatur dengan modus Bertanya ditemukan sebanyak 13 data, (2) Implikatur percakapan khusus ditemukan sebanyak 8 data, (3)Implikatur percakapan dengan modus informasi ditemukan sebanyak 7 data, (4) Implikatur percakapan dengan modus imperatif ditemukan sebanyak 10 data, (5) Implikatur percakapan umum ditemukan sebanyak 4 data, dan (6) Implikatur percakapan dengan modus berita ditemukan sebanyak 11 data. Implikatur ini terjadi karena adanya interaksi antara guru dan siswa. Tuturan yang disampaikan guru secara langsung dan tidak langsung untuk menyatakan suatu hal, sehingga siswa dapat menafsirkan maknamakna tersirat dan menyelidiki apa yang tidak diucapkan secara eksplisit oleh guru dapat menghasilkan tindakan yang akan dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian ini peserta didik sudah menunjukkan pemahamannya bahwa implikatur yang disampaikan oleh guru berkaitan terhadap kebenaran proposisi yang diujarkan yang berfungsi untuk memberitahukan kepada siswa. Kata kunci: implikatur, percakapan, pembelajaran, teks ceramah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308571530 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 01:05 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2024 01:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79275 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |