APLIKASI AGENSIA ANTAGONIS UNTUK MENGHAMBAT PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sp.) DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

Alfian , Nidatian Salsabila (2024) APLIKASI AGENSIA ANTAGONIS UNTUK MENGHAMBAT PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sp.) DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (969Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (706Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu permasalahan yang mengakibatkan turunnya produksi jagung adalah penyakit bulai yang disebabkan oleh Peronosclerospora sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tiga agensia antagonis Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus, Trichoderma sp., dan Paenibacillus polymyxa terhadap persentase perkecambahan benih jagung, masa inkubasi, keterjadian penyakit dan keparahan penyakit bulai serta pertumbuhan tanaman jagung (tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, bobot tanaman). Penelitian ini dilaksanakan pada Februari sampai September 2023. Percobaan ini terdiri dari uji daya kecambah dan uji in planta. Perlakuan pada uji perkecambahan disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu air steril (kontrol) (P1), S. h. subsp. hygroscopicus (P2), Trichoderma sp. (P3), dan P. polymyxa (P4) dengan 3 ulangan, sedangkan perlakuan pada uji in planta disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu jenis agensia antagonis dan cara aplikasi dengan 4 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perlakuan agensia hayati dapat mempercepat perkecambahan benih jagung. Hasil uji in planta menunjukkan bahwa S. h. subsp. hygroscopicus dapat memperpanjang masa inkubasi, menekan keterjadian dan keparahan penyakit bulai, namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter lainnya. Perlakuan Trichoderma sp. mampu meningkatkan tinggi tanaman, panjang akar, bobot basah akar dan bobot kering akar tanaman jagung, namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan lainnya. Perlakuan P. polymyxa mampu meningkatkan jumlah daun, bobot basah tajuk dan bobot kering tajuk, namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan lainnya. Kata kunci: penyakit bulai, Peronosclerospora sp., Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus, Trichoderma sp., Paenibacillus polymyxa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308333303 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:07
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 01:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79276

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir