PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS ExPRession UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PADA MATERI MEDAN MAGNET

Nave, Loi Lukasim (2024) PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS ExPRession UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PADA MATERI MEDAN MAGNET. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2276Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1054Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD digital berbasis ExPRession untuk menstimulus kemampuan literasi visual peserta didik pada materi medan magnet yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian design and development research (DDR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: analysis, design, development, dan evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas angket uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, respon peserta didik, dan persepsi guru, lalu uji keefektifan yang terdiri atas analisis keterlaksanaan LKPD digital berbasis ExPRession, dan soal pretest-posttest kemampuan literasi visual. uji normalitas, n-gain, dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji validitas oleh 3 orang ahli diperoleh skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata skor untuk uji keterbacaan sebesar 84% dengan kategori sangat terbaca, respon peserta didik sebesar 91,5% dengan kategori sangat baik, dan persepsi guru sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata skor sebesar 85,8% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilakukan dengan metode penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis keterlaksanaan LKPD digital memperoleh skor 88% dengan kategori sangat baik, artinya produk yang dikembangkan dapat dikerjakan dengan sangat baik oleh peserta didik. Berdasarkan hasil n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t-test nilai pretest-postest kemampuan literasi visual pada kelas eksperimen dan kontrol, dapat dikatakan peningkatan kemampuan literasi visual pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, artinya LKPD digital yang dikembangkan sudah efektif. Kata kunci : LKPD digital, kemampuan literasi visual, model pembelajaran ExPRession

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308452121 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:19
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79283

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir