PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PIHAK PENYEDIA JASA PENGANGKUTAN DARAT DALAM PROSES KLAIM ASURANSI (Studi di PT Puspa Jaya Bandar Lampung)

Gerireo , Binalawan (2024) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PIHAK PENYEDIA JASA PENGANGKUTAN DARAT DALAM PROSES KLAIM ASURANSI (Studi di PT Puspa Jaya Bandar Lampung). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2043Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1862Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan transportasi umum darat membuat aktivitas manusia jadi lebih mudah, namun tidak dapat dipungkiri seiring dengan perkembangan transportasi umum darat terdapat pula risiko kecelakaan lalu lintas. PT Puspa Jaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan umum darat. Sudah menjadi kewajiban pihak perusahaan jasa angkutan umum untuk mengasuransikan penumpangnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peran dan tanggung jawab pihak penyedia jasa pengangkutan darat dalam proses klaim asuransi dan yang menjadi kendala dalam proses klaim asuransi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah dilakukan dengan menggunakan metode normatif empiris. Data dan sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi pustaka dan studi wawancara. Metode pengolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data, penyusunan data, dalam penelitian ini data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa peran PT Puspa Jaya kepada penumpang adalah dengan memastikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang dengan mengasuransikan penumpangnya kepada PT Jasa Raharja. PT Puspa Jaya bertanggung jawab untuk menghubungi kantor cabang PT Jasa Raharja tempat terjadinya kecelakaan agar dapat berkoordinasi dengan kepolisian sektor setempat untuk penanganan korban dan tempat kejadian perkara kecelakaan tersebut. Kendala yang muncul saat proses klaim asuransi dapat diakibatkan oleh pihak korban kecelakaan yang kurang memperhatikan tata cara dan syarat-syarat dalam klaim asuransi. Kendala diakibatkan oleh pihak PT Jasa Raharja yang berkaitan dengan proses administrasi yang terbelit-belit dan juga kurangnya edukasi dari pihak PT Jasa Raharja terkait tata cara dan syarat-syarat dalam proses klaim asuransi. Kata Kunci: Peran, Tanggung Jawab, Jasa Pengangkutan Darat, Klaim Asuransi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2308533119 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:37
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79293

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir