PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

RAHMAT , AGUNG DWISARJANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2314Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1219Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 58 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan hasil sebesar 14,29 dan N-Gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : model inquiry, kemampuan berpikir kritis IPAS. The problem in this research is the low critical thinking skills of IPAS students in grade IV elementary school. This research aims to analyze and describe the effect of the inquiry learning model on IPAS critical thinking skills in fourth grade elementary school students. This research method is quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The population of this study was all class IV students, totaling 58 students. Determining the research sample used a purposive sampling technique, namely taking samples with certain considerations with a total of 58 students. Data collection techniques in this research used tests and nontests in the form of documentation and observation. The data analysis used was a simple linear regression test with a result of 14.29 and an N-Gain of 0.44 in the medium category. The results of the research show that there is a significant influence of the inquiry learning model on the science and science critical thinking skills of fourth grade elementary school students. Keyword: inquiry learning, IPAS critical thinking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308040706 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:43
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79400

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir