PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR WILAYAH I KECAMATAN TEGINENENG LAMPUNG SELATAN

ABI , KRISNA ARRASYID (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR WILAYAH I KECAMATAN TEGINENENG LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3547Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3501Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Motivasi belajar merupakan variable penting dalam keberhasilan belajar, sehingga deperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangkan model pembelajaran berbasis masalah sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI di SDWilayah I Kecamatan Tegineneng Lampung Selatan, dan (2) menganalisis efektifitas hasil/ produk pengembangkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD Wilayah I Kecamatan Tegineneng Lampung Selatan Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara untuk proses pengembangan produk dan uji efektifitas produk menggunakan angket motivasi yang terdiri dari 30 pernyataan untuk mengukur 2 aspek motivasi dan 6 indikator. Teknik analisis yang digunakan statistik non inferensial dengan persentase dan statistik inferensial dengan uji idependent t-test. Hasil penelitian adalah: (1) proses pengembangkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI, melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, validasi ahli, uji satu satu dan uji kelompok kecil. Dan (2) efektivitas penggunaan PBL menunjukkan nilai yang signifikan, 3 sekolah yang diberi perlakuan PBL memiliki dampak positif bagi peserta didik dalam peningkatan motivasi belajar, dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05, Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan model PBL terhadap meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: PBL, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar, Kelas VI Learning motivation is an important variable in learning success, so there is a need for a learning model that can improve the learning motivation of the student. The objective of the research is to: (1) describe the process of developing a problem-based learning model so that it can improve the learning motivation of class VI pupils in the Elementary School Region I district of Tegineneng Lampung South, and (2) analyze the effectiveness of the results/ products of development of a problem based learning model in improving the learning Motivation of students in the VI class district VI district. The research method used is research and development (R&D) ADDIE. Data collection technique uses observation, lifting and interviews for product development processes and product effectiveness testing using a motivation lift consisting of 30 statements to measure 2 motivation aspects and 6 indicators. Analysis techniques that use non-inferential statistics with percentages and inferential stats with idependent t-test tests. The results of the study are: (1) the process of developing a problem-based learning model to improve the learning motivation of class VI students, through several stages, namely needs analysis, curriculum analysis, expert validation, one-on-one and small-group tests. And (2) the effectiveness of the use of PBL showed significant values, 3 schools that were given PBL treatment had a positive impact on pupils in improving learning motivation, proved with sig (2-tailed) < 0.05, Ha accepted and Ho rejected. It was concluded that there was a significant influence on the application of the PBL model on improving the learning motivations of students. Keywords: PBL, Motivation to learn, Elementary School, Class VI

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308546130 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:49
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79420

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir