WUJUD DAN PERANAN DEVIASI DALAM KUMPULAN PUISI MENGAPA LUKA TIDAK MEMAAFKAN PISAU KARYA M. AAN MANSYUR DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SALWA PRAMESTI, MAHARANI (2024) WUJUD DAN PERANAN DEVIASI DALAM KUMPULAN PUISI MENGAPA LUKA TIDAK MEMAAFKAN PISAU KARYA M. AAN MANSYUR DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah wujud dan peranan deviasi dalam kumpulan puisi Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau karya M. Aan Mansyur dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan peranan deviasi dalam kumpulan puisi Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau karya M. Aan Mansyur dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan menjadikan kumpulan puisi Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau karya M. Aan Mansyur sebagai sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks terkait penggunaan diksi, rima, dan tipografi di setiap larik maupun bait. Sebanyak 8 judul digunakan sebagai sumber data untuk merepresentasikan keseluruhan puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan puisi Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau karya M. Aan Mansyur tergolong lengkap menggunakan delapan wujud deviasi (leksikal, fonologis, gramatikal, semantis, grafologi, dialek, register, dan historis) dengan peranannya masing-masing. Namun, deviasi gramatikalsintaksis, deviasi semantis, dan deviasi grafologi merupakan wujud yang paling banyak digunakan. Hasil penelitian ini dapat dikaitkan sebagai suplemen pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran elemen kompetensi membaca dan memirsa Fase E kelas X pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Bab 6 “Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi” kegiatan pembelajaran II dengan Tujuan Pembelajaran “Memahami Teks Diskusi dan Menilai Efektivitas Diksi, Rima, dan Tipografi dalam Teks Puisi”. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terkait yaitu bernalar kritis yang diimplementasikan melalui kegiatan analisis kumpulan puisi. Kata kunci: implikasi pembelajaran, kumpulan puisi, wujud dan peranan deviasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308256389 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:09
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79433

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir