Mutiara, Dewi Indratarissa (2023) PEMAHAMAN PETA DIGITAL DIERA 4.0 BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2771Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1856Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan geografi pada peta digital diera digitalisasi 4.0. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2017, 2018, 2019 berjumlah 48 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis tabel silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 50 mahasiswa pendidikan geografi sebanyak 30 mahasiswa (60%) berada pada tingkat pemahaman sangat tinggi, 18 mahasiswa (36%) berada pada tingkat pemahaman tinggi, dan 2 mahasiswa (4%) berada pada tingkat pemahaman cukup tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman peta digital mahasiswa pendidikan geografi sangat baik di era digitasi. tingkat pemahaman peta digital mahasiswa pendidikan geografi sangat baik di era digitasi dipengaruhi oleh indikator menafsirkan isi peta digital (91,4%), indikator mencontohkan pembuatan peta digital secara tepat (90,6%), indikator mengklasifikasikan objek kenampakan yang ada pada peta digital (75,3%), indikator merangkum isi peta digital (65,5%), menyimpulkan simbol-simbol dan kenampakan pada peta digital (68,9%), indikator membandingkan tempat-tempat pada peta digital (86,6%), dan indikator menjelaskan isi peta digital (69,0%). Kata kunci : pemahaman, peta digital, pendidikan geografi This study aims to measure the level of understanding of geography education students on digital maps in the digitalization 4.0 era. This study uses a quantitative descriptive method. The subjects of this study were 48 students of geography education class 2017, 2018, 2019. Data collection using questionnaires and documentation. Data analysis techniques using descriptive analysis and cross table analysis. The results showed that out of 50 geography education students, 30 students (60%) were at a very high level of understanding, 18 students (36%) were at a high level of understanding, and 2 students (4%) were at a fairly high level of understanding. These results indicate that the level of understanding of digital maps by geography education students is very good in the digital era. the level of understanding of digital maps of geography education students is very good in the digital era influenced by indicators of interpreting the contents of digital maps (91.4%), indicators exemplify the making of digital maps correctly (90.6%), indicators classify object appearances on digital maps ( 75.3%), indicators summarize the contents of digital maps (65.5%), summarize symbols and appearances on digital maps (68.9%), indicators compare places on digital maps (86.6%), and the indicators explain the contents of the digital map (69.0%). Keywords : understanding, digital maps, geography education.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308739033 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 04:12 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2024 04:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79438 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |