PENGARUH APLIKASI LIMBAH CAIR BIOGAS TERHADAP KANDUNGAN N-TOTAL PADA TANAH ULTISOL DAN SERAPAN N TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt)

Titi, Marcelia (2023) PENGARUH APLIKASI LIMBAH CAIR BIOGAS TERHADAP KANDUNGAN N-TOTAL PADA TANAH ULTISOL DAN SERAPAN N TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt). Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
Draf Skripsi FULL_TitiMarcelia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1543Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1298Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Limbah cair biogas merupakan produk sampingan dari biogas yang memiliki kandungan bahan organik. Pemanfaatan limbah cair biogas sebagai sumber bahan organik merupakan salah satu upaya meningkatkan kesuburan tanah Ultisol dan juga pertumbuhan serta produksi tanaman yang tumbuh di atasnya. Pemanfaatan limbah cair biogas sebagai pupuk dapat menjadi solusi karena pemanfaatan limbah cair biogas dalam jumlah yang besar tidak akan merusak tanah bahkan dapat membantu kelestarian lahan pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pemberian limbah cair biogas terhadap kandungan N-total pada tanah Ultisol, serapan N dan pertumbuhan tanaman jagung manis, serta pengaruh pemberian limbah cair biogas terhadap faktor pendukung seperti pH dan C-organik tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan percobaan monofaktor dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu perlakuan tanpa limbah cair biogas (S0), perlakuan dengan penambahan limbah cair biogas dengan dosis 900 ml per polibag (S1), perlakuan dengan penambahan limbah cair biogas dengan dosis 1800 ml per polibag (S2), dan perlakuan dengan penambahan limbah cair biogas dengan dosis 2700 ml per polibag (S3), serta dilakukan 4 kali ulangan. Data dianalisis dengan analysis of varian (Anova) pada taraf nyata 5%, dan dilakukan uji lanjut menggunakan uji Polinomial Ortogonal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian limbah cair biogas berpengaruh nyata terhadap peningkatan N-total dan C-Organik tanah. Setiap peningkatan dosis limbah cair biogas yang diberikan akan meningkatkan 0,02% N-total tanah dan 0,008% C-Organik tanah. Namun pemberian limbah cair biogas tidak berpengaruh nyata terhadap pH tanah, serapan N, bobot brangkasan, tinggi tanaman, dan jumlah daun tanaman jagung manis. Kata Kunci : C-organik, Jagung Manis, Limbah Cair Biogas, N-total, Ultisol

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308043589 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:13
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir