ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL PADA GURU BK SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Afrita, Sutrisni (2024) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL PADA GURU BK SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - DUA BAHASA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full - Afrita Sutrisni_1813052044.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1135Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - AFRITA SUTRISNI 1813052044.pdf

Download (902Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan informasi format klasikal tidak berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan layanan informasi format klasikal pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 33 guru BK SMP Negeri yang merupakan anggota Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP/MTs Kota Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap persiapan terdapat 6 guru BK yang mengalami hambatan kategori tinggi dalam menentukan jadwal layanan klasikal dengan persentase 66% dan persentase 58% dalam menentukan media layanan yang akan digunakan. Pada tahap pelaksanaan terdapat 6 guru BK yang memiliki hambatan kategori tinggi pada kegiatan mengarsipakan data saat proses layanan informasi format klasikal dengan persentase sebsesar 54%, dan pada tahap evaluasi sebanyak 6 guru BK mengalami hambatan kategori tinggi dalam menyusun laporan pelaksanaan layanan informasi format klasikal dengan persentase 73%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah berkolaborasi dengan pihak sekolah terkait alokasi waktu jadwal khusus BK masuk kelas dan dukungan sarana prasarana untuk melaksanakan layanan informasi format klasikal, selain itu guru BK juga diharapkan agar mengembangkan kompetensi yang dimiliki untuk melaksanakan tahap evaluasi dengan lebih baik. Kata Kunci: hambatan, layanan informasi, layanan klasikal, guru bk.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308423085 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:01
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir