RESIDU PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL DAN PUPUK NPK PADA PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN SPATIFILUM (Spathiphyllum wallisii Regel)

Muhammad , Husayn Murteza Syahab (2023) RESIDU PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL DAN PUPUK NPK PADA PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN SPATIFILUM (Spathiphyllum wallisii Regel). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2300Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2065Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman spatifilum (Spathiphyllum wallisii Regel) adalah tanaman hias yang populer karena keindahan daun bewarna hijau dan bunganya berwarna putih. Tanaman ini memiliki daya tarik dengan perpaduan warna daun hijau dan bunga putih. Salah satu langkah penting dalam membudidayakan tanaman hias agar muncul bunga yang banyak yaitu dengan mengaplikasikan zat pengatur tumbuh (ZPT), sedangkan agar tajuknya menarik adalah tercukupinya kebutuhan unsur hara dengan cara pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara residu pemberian paklobutrazol dengan tanpa paklobutrazol, perbedaan antara residu pemberian pupuk NPK ratio 1:2:1 ; 1:1:2 dengan tanpa pupuk NPK, perbedaan antara residu pemberian pupuk NPK ratio 1:2:1 dengan ratio 1:1:2, dan mengetahui adanya interaksi antara residu pemberian paklobutrazol dengan pupuk NPK pada pertumbuhan dan pembungaan tanaman spatifilum. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2021 sampai dengan Agustus 2021 di Rumah Kaca Hortikultura, Gedung G, Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial (3x2). Pengamatan melibatkan berbagai kombinasi perlakuan yang mencakup pemberian pupuk NPK ratio 1:2:1 dan 1:1:2 serta penggunaan paklobutrazol 400 ppm. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Barlett dan Uji Tukey, dengan analisis ragam (Uji F) sebagai kelanjutannya dengan perbedaan antar perlakuan dilihat berdasarkan uji ortogonal kontras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa residu pemberian paklobutrazol 400 ppm masihterdapat pada pertumbuhan tanaman, residu pemberian ratio pupuk NPK masih terlihat pada tingkat kehijauan daun, tidak terdapat perbedaan yang nyata antara tanaman yang diberi ratio pupuk NPK 1:2:1 dengan ratio pupuk NPK 1:1:2, serta terdapat interaksi antara residu pemberian paklobutrazol dengan residu pupuk NPK. Kata Kunci: ZPT, Residu Paklobutrazol, Residu Pupuk NPK, Spatifilum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2308462007 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:47
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79490

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir