NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS : PENDIDIKAN JASMANI DALAM ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 1 NATAR)

Jihan Fadillah, Ulhaq (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN JASMANI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS : PENDIDIKAN JASMANI DALAM ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 1 NATAR). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstract Jihan Fadillah Ulhaq.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Jihan Fadillah Ulhaq.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2369Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa BAB 4 Jihan Fadillah Ulhaq.pdf

Download (2195Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan jasmani dalam perspektif Islam dan Mendeskripsikan cara berpakaian ketika berolahraga yang sesuai syar'iat islam pada peserta didik di MTS Muhammaddiyah 1 Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Sampel pada penelitian ini berjumlah enam orang dan kepala sekolah sebagai informan kunci. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan jasmani dalam Al-Qur’an adalah pendidikan yang menyeluruh pendidikan yang melingkupi jasmani dan rohani. Pendidikan jasmani dalam mencapai tujuannya sangat bergantung pada sejauh mana kemampuan umat Islam menterjemahkan dan merealisasikan konsep filsafat penciptaan manusia dan fungsi penciptaannya. Penerapan nilai nilai pendidikan penjas berdasarkan perspektif islam dapat tercermin melalui pendidikan kesehatan yaitu pendidikan kebersihan pakaian dan kebersihan badan. Pada penggunaaan busana sudah sesuai dengan syariat islam yaitu untuk laki laki dan perempuan menutup aurat dan tidak menggunakan pakaian transpasan dan busana yang longgar. Kata kunci : nilai-nilai, pendidikan jasmani, perspektif islam. This study aims to analyze and describe the application of physical education values in an Islamic perspective and to describe how to dress when exercising according to Islamic law for students at MTS Muhammaddiyah 1 Natar. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and document studies. The sample in this study was six people and the principal as the key informant. The results of this study show that physical education in the Qur'an is a comprehensive education that covers both the physical and spiritual. Physical education in achieving its goals is very dependent on the extent to which Muslims are able to translate and realize the philosophical concept of human creation and its creation function. The application of the values of physical education based on an Islamic perspective can be reflected through health education, namely clothing hygiene and body hygiene education. The use of clothing is in accordance with Islamic law, namely for men and women to cover their genitals and not use see-through clothing and loose clothing. Keywords: Values, Physical Education, Islamic Perspective.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 790 Olahraga, permainan dan hiburan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 2308730863 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:49
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir