ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI LISAN SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMA MUHAMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG PASCA PANDEMI COVID-19

FAYA , HIRSA AULIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI LISAN SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMA MUHAMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG PASCA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1571Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi lisan dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kemampuan argumentasi lisan siswa SMA Muhamadiyah 2 Bandar Lampung pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 65 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 43 siswa perempuan dan dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini berupa persentase koding wacana siswa yang muncul, partisipasi siswa dalam argumentasi lisan ketika pembelajaran berlangsung, dan data angket tanggapan siswa dan guru ketika pembelajaran daring dan tatap muka. Seluruhnya dianalisis dan diuraikan secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi lisan siswa SMA Muhamadiyah 2 Bandar Lampung pada materi Sistem Imun tergolong pada kategori rendah dengan persentase rata-rata 24,71% dan partisipasi siswa dalam argumentasi lisan sangat sedikit dengan persentase rata-rata 17,50%, yang artinya sangat sedikit siswa berpartisipasi dalam kegiatan argumentasi lisan berdasarkan koding wacana. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan argumentasi lisan siswa, yaitu: 1) siswa mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang dikemas oleh guru dan sulit mengerjakan tugas-tugas yang diberikan; 2) Guru mengalami kesulitan saat menyampaikan materi dan kegiatan presentasi tidak dilakukan oleh beberapa kelompok dalam pembelajaran model berbasis saintifik. Kata kunci: kemampuan argumentasi lisan siswa, materi sistem imun, pembelajaran daring, pasca pandemi Covid-19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308038683 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:14
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79526

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir